Selasa, 12 Agustus 2008

JARINGAN LOKAL (LAN) UNTUK KEPERLUAN INFORMASI & KOMUNIKASI


Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi meningkat dengan cepat, terutama dalam hal jaringan komputer. Pada tahun 1988, jaringan komputer mulai digunakan di universitas-universitas dan perusahaan-perusahaan. Dengan jaringan komputer, setiap pekerjaan diharapkan dapat selesai dengan cepat. Jaringan komputer mampu menghubungkan komputer dengan komputer lainnya. Salah satu contoh jaringan komputer adalah internet. Internet merupakan teknologi jaringan raksasa yang telah menjadi realitas dalam kebutuhan informasi dan komunikasi jutaan manusia didunia ini.
Teknologi jaringan yang semakin maju perlu didukung oleh perangkat keras dan perangkat lunak jaringannya. Dalam perkembangan pertamanya, jaringan komputer masih menggunakan kabel koaksial. Kini, jaringan dibangun dengan kabel dan serat optik (fiber optics) atau komunikasi tanpa kabel (nircable).
Konsep jaringan komputer lahir pada tahun1940-an di Amerika Serikat dan proyek pengembangan komputer model I dilaboratorium Bell dan juga dari grup riset Harvard. University yang dipimpin Professor Howard Aiken. Pada tahun 1950-an muncul komputer besar yang disebut dengan super komputer. Komputer ini dapat melayani beberapa terminal komputer. Pada saat ini, konsep jaringan dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System) ,dimana pada sistem jaringan ini beberapa komputer terminal terhubung secara seri ke sebuah komputer utama (host computer). Dengan adanya jaringan ini, mulai dengan teknologi komunikasi yang awalnya berkembang sendiri-sendiri . Pada tahun 1970-an muncul sistem jaringan proses distribusi ( Distributed Processing). Pada sistem jaringan ini, komputer terdiri atas beberapa komputer utama (host) yang dapat mengerjakan pekerjaan besar secara pararel dan dapat melayani beberapa komputer terminal yang tersambung secara seri disetiap komputer utama. Pada tahun 1980-an , penggunaanjaringan komputer sudah beragam dalam hal menangani proses bersama dan komunikasi antarkomputer. teknologi jaringan seperti ini dikenal dengan nama LAN (Local Area Network).

Tidak ada komentar: